Senin, 15 Agustus 2016

Inovasi Teknologi Google yang akan ubah Dunia

Raksasa teknologi Alphabet atau yang lebih dikenal dengan Google, memang memiliki kekuatan untuk mengubah dunia melalui sejumlah inovasinya.
Penasaran pada teknologi apa saja yang bakal Google cetuskan untuk mengubah dunia?

Ini dia Teknologi Google yang akan merubah dunia

inovasi teknologi google yang akan ubah dunia
Teknologi balon udara Google atau yang lebih dikenal dengan Project Loon. Merupakan proyek ambisius Google untuk menyebarkan akses internet ke seluruh dunia, terutama untuk daerah-daerah yang tak terjangkau.
Ditenagai oleh tenaga surya, membuat balon udara ini mampu terbang nonstop hingga 100 hari. Nah, saat terbang, balon ini bakal mengirimkan sinyal internet cepat LTE ke daerah-daerah yang dilaluinya.
Percobaan pertama dari Project Loon telah dilakukan di Selandia Baru pada 2013.
Menurut penuturan Wakil Presiden Project Loon Mike Cassidy, Indonesia dianggap sebagai lokasi percobaan yang baik untuk proyek ini, karena sejauh inihanya sepertiga dari 250 juta penduduk yang dapat mengakses Internet. Koneksi Internet yang ada juga cenderung lambat.
“Dalam beberapa tahun ke depan, kami berharap Loon dapat memberikan koneksi Internet LTE yang cepat kepada lebih dari 100 juta penduduk Indonesia, yang akan membantu mereka untuk mengakses pendidikan, kebudayaan, dan kesempatan ekonomi yang tanpa batas melalui Internet,” kata Cassidy.

2. Project Titan

inovasi teknologi google yang akan ubah dunia

Jika sebelumnya Project Loon menggunakan balon udara untuk menebarkan internet di seluruh dunia, maka dalam Project Titan, Google menggunakan drone atau pesawat nirawak untuk menyebarkan jaringan internet.
Drone yang bernama Titan Aerospace Solara 50 ini kabarnya bisa terbang hingga 5 tahun nonstop. Hal ini dapat dilakukan berkat tenaga matahari yang diserap melalui panel solar yang terpasang diseluruh rentang sayapnya. Menurut CEO Google Sundar Pichai, saat kedua penerbangan tersebut berjalan, Google bisa menyebarkan internet cepat kepada 4 miliar orang di dunia.

3.Pil Pendeteksi Kanker

inovasi teknologi google yang akan ubah dunia

Pil pendeteksi kanker ini diteliti oleh anak usaha Alphabet bernama Google X. Saat ini tim peneliti mengembangkan partikel magnetik yang bisa menempel pada sel, protein, atau molekul lainnya.

Tak hanya itu, Google X juga mengembangkan perangkat wearable yang akan menggunakan magnet untuk menghitung partikel. Dengan sistem ini, pengguna akan mendapatkan notifikasi atau peringatan dini bilamana terdeteksi sel kanker di dalam tubuhnya.

4.Mobil Otonomos

inovasi teknologi google yang akan ubah dunia

Kehadiran mobil otonomos atau mobil yang dapat berjalan tanpa pengemudi ini dipercaya bisa menyelamatkan jutaan orang di dunia. Mengapa? Menurut sebuah data, sebanyak 1,24 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat kecelakaan mobil tiap tahun.
Dengan adanya mobil otonomos, Google mengganggap bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan. Menurut survei dari Eno Centre for Transportation, jika 90 persen mobil yang berjalan di jalan adalah mobil otonomos, angka kecelakaan di Amerika Serikat bakal menurun dari 6 juta hingga 1,3 juta per tahunnya.

5. Makani Power

inovasi teknologi google yang akan ubah dunia

Makani Power adalah proyek yang dijalankan oleh divisi Google X milik Alphabet. Makani Power membuat layang-layang yang bisa menciptakan energi terbarukan.
Layang-layang energi tersebut sebenarnya merupakan pesawat yang dilengkapi dengan rotor. Rotor inilah yang akan membantu mengangkat layang-layang tersebut dari tanah dan akan menerbangkannya. Ketika terbang, rotor yang telah terpasang akan berubah menjadi sebuah turbin.
Dengan perangkat Makani Power ini, Google mengklaim bisa menghasilkan energi 50 persen lebih banyak dibandingkan turbin tradisional, serta 90 persen lebih hemat daya. Gitu loh hehe..

6. Run by Calico

inovasi teknologi google yang akan ubah dunia

Perusahaan di bawah Google, Calico atau California Life Company sekarang sedang melakukan penelitian mengenai gen. Dengan melakukan penelitian ini, nantinya Google berharap bisa memperpanjang usia hidup seseorang.
Sayangnya hingga kini belum terlalu banyak informasi yang beredar mengenai apa yang sebenarnya sedang dikerjakan oleh Calico ini.
Sumber : Ini 7 Teknologi Google yang Bakal Ubah Dunia
Load disqus comments

0 komentar